Jagalah Kesimbangan Jasmani dan Rohanimu

Pada saat ini mayoritas manusia hanya memikirkan pertumbuhan jasmani saja tanpa peduli pertumbuhan rohaninya. Itulah sebabnya arah pendidikan saat ini hanya mengarahkan anak untuk pertumbuhan tubuhnya, padahal pertumbuhan fisik bukanlah segala-galanya. Tuhan menginginkan agar setiap kita untuk bijaksana dan penuh dengan anugerah. Firman Tuhan mengatakan awal untuk bijaksana dan berhikmat adalah takut akan Tuhan, sebab manusia adalah makhluk berdosa yang mempunyai natur untuk selalu melawan Allah. Untuk memulihkan hubungan dengan Allah dan bertumbuh dengan benar secara rohani adalah memiliki rasa takut kepada Allah. Rasa takut ini adalah perasaan hormat, segan dan sungguh-sungguh menghargai Allah. Jadi agar memiliki pertumbuhan rohani yang baik adalah dengan hidup penuh hikmat dan bijaksana yang disertai rasa takut kepada Tuhan.

Itulah sebabnya sangat penting bagi kita untuk terus menanamkan sikap hati menghormati, segan dan menghargai Allah dengan sungguh-sungguh. Ingatlah juga bahwa pertumbuhan jasmani memang penting tetapi pertumbuhan rohani juga lebih penting. Karena itu jangan mengabaikan pertumbuhan rohani kita, sebab akhir dari pertumbuhan jasmani kembali menjadi debu tanah, sedang akhir dari pertumbuhan rohani kita adalah kekekalan yaitu surga kekal atau neraka kekal. Jadi hiduplah dengan seimbang, memperhatikan tubuh jasmani kita tempat Allah berdiam dan kerohanian kita yang membawa kita kepada kehidupan yang kekal.

Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.
1 Timotius 4:8 (TB)

Bagikan Artikel: