Jadilah Lemah Lembut

Kelemahlembutan (Yun: prautes), yaitu pengekangan yang berpadu dengan kekuatan dan keberanian; menggambarkan seseorang yang bisa marah pada saat diperlukan dan bisa tunduk dengan rendah hati apabila itu diperlukan. Kelemahlembutan adalah suatu karya kasih karunia Allah di dalam batin manusia. Dengan lemah lembut akan membuat seseorang dapat menyenangkan hati Tuhan, karena memiliki nilai yang sangat tinggi di mata-Nya.

Kelemahlembutan merupakan kekuatan dan kendali yang besar atas roh manusia sehingga tidak menanggapi atau bereaksi ketika orang menentang dan menganiaya. Kelemahlembutan adalah kekuatan karakter yang tidak membalas dendam atau membela diri, tetapi membiarkan Tuhan yang berperang. Kelemahlembutan memampukan seseorang untuk melihat bahwa segala sesuatu berasal dari tangan Tuhan.

Karena itu milikilah kelemahlembutan, sebab orang-orang yang lemah lembutlah yang akan mewarisi bumi. Orang yang lemah lembut akan diajarkan jalan-jalan Allah dan dipimpin-Nya. Orang yang lemah lembut akan bertambah sukacitanya di dalam Tuhan karena mereka menyadari bahwa segala sesuatu bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka.

Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.
Matius 5:5

Bagikan Artikel: