Idola yang Benar

Setiap orang pasti punya tokoh idola dalam hidupnya masing-masing, entah itu dari kalangan artis, penyanyi, atlet, pengusaha, orang-orang sukses atau tokoh penting lainnya. Sebagai fans, tentu kita melakukan banyak hal seperti mengikutinya di media sosial, mencaritahu segala hal tentangnya, segala berita tentangnya, apa yang disukai, kebiasaan, mengikutinya saat sedang tur atau bepergian ke luar kota, memasang fotonya di sosial media, dan dengan bangga menunjukkan pada dunia bahwa kita adalah fansnya. Mengagumi seorang idola membuat kita ingin menjadi seperti mereka, memiliki hidup seperti mereka, dan berlaku seperti mereka. Bahkan bagi para fans fanatik, tindakan di luar nalar menjadi hal biasa yang akan mereka lakukan, seperti melakukan operasi untuk memiliki wajah yang mirip seperti idolanya.

Memilih tokoh idola sebaiknya tidak sembarangan, karena karakter dan kehidupan mereka akan mempengaruhi kehidupan kita sebagai pengikut. Diantara banyaknya tokoh idola yang dapat kita kagumi, kita mempunyai seorang yang layak dan wajib menjadi teladan hidup kita, yaitu Yesus. Menjadikan Yesus sebagai idola dalam hidup kita sama dengan menjadikan apapun yang berhubungan dengan-Nya menjadi sangat penting dan menarik. Kita akan berusaha mencaritahu segala hal tentang-Nya, kebiasaan-Nya, hal-hal yang disenangi dan tidak disenangi-Nya, bahkan kita dengan bangga akan menunjukkan pada dunia bahwa kita adalah pengikut-Nya. Saat Yesus menjadi teladan hidup kita, kita akan berusaha untuk memiliki hidup seperti hidup Yesus dan berlaku sebagaimana sikap Yesus setiap harinya.

Yesus adalah teladan yang sempurna, Dia idola yang benar yang akan membawa kita menjalani kehidupan dengan benar. Saat kita memutuskan untuk menjadi pengikut Kristus, kita harus dengan yakin membawa hati dan hidup kita menjadi seperti-Nya. Saat kita menjadikan Yesus sebagai teladan dalam hidup, kita juga harus mampu menjadikan diri kita sebagai teladan buat orang lain. Seperti yang tertulis dalam 1 Timotius 4:12, “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” Jadilah teladan dalam berbuat baik. Jadilah teladan bagi orang lain, agar saat mereka melihat kita, mereka bisa memuji memuliakan Tuhan.

Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.

1 Petrus 2:21

Bagikan Artikel: