Hidup dengan Mengasihi Sesama

Dalam kekristenan istilah “kasih” adalah yang bersumber dari Allah itu sendiri, yang biasa disebut kasih agape. Agape adalah istilah Yunani yang berarti cinta kasih yang tidak mementingkan diri sendiri, cinta tanpa batas, atau cinta tanpa syarat.

Dalam Injil Yohanes dikatakan bahwa Allah adalah kasih, yang berarti kasih merupakan salah satu sifat dasar yang pokok dari Allah. Kasih yang agape yang telah diberikan Allah kepada manusia melalui diri Yesus Kristus. Itu adalah ungkapan kasih terbesar Allah bagi manusia. Allah yang tidak berawal dan berakhir, itulah sebabnya kasih Allah adalah kasih yang tidak terbatas.

Karena itu sebagai orang yang terlebih dahulu menerima kasih Allah, kita hendaknya mampu merespon kasih Allah itu dengan mengasihi sesama. Hidup di dalam kasih Allah harus mendorong kita menjadi orang Kristen yang saling meolong, memperhatikan dan saling membangun. Mari kita wujudkan syukur kita atas kasih terbesar yang tanpa batas yang telah telah kita terima dari Allah dengan membangun persekutuan dengan-Nya, hidup dalam ketaatan penuh pada setiap perintah-Nya dan hidup dengan mengasihi sesama.

Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.
1 Yohanes 4:8-9 (TB)

Bagikan Artikel: