Harus Belajar Melepaskan

Jika ada saat di mana terik matahari berganti senja, maka ada saat di mana kemarahan itu reda. Jika ada waktu di mana hujan itu berhenti, maka kesedihan dalam hati akan menemukan kesudahannya. Tidak perlu kita menyimpan hal-hal buruk terlalu lama, seharusnya semua ada masanya.

Terlalu lama menyimpan kemarahan, sangatlah melelahkan. Kita membendung emosi dalam hati, tanpa ada seorang pun yang tahu. Hal itu sangatlah merugikan. Kemarahan itu akan meledak dan menghanguskan diri kita sendiri. Begitu juga ketika menyimpan kesedihan seorang diri. Seperti menuangkan racun dalam minuman kita sendiri. Bukannya menjadikan tubuh sehat, yang ada kehidupan kita semakin sakit.

Kita harus bisa belajar untuk melepaskan pengampunan saat hati kita penuh dengan kemarahan. Dilukai memang tidak enak, tapi semakin tidak enak bila kita melukai diri kita sendiri dengan kepahitan. Dan kita juga harus bisa melupakan kenangan buruk, melepas kesedihan dan mulai menerima sukacita dari Tuhan.

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.
Efesus 4:31

Bagikan Artikel: