Halangan Menjadi Murid

Setiap orang yang mengajukan diri untuk mengikuti Yesus akan menghadapi banyak jalan pelarian yang akan terbayang. Ia akan memberikan banyak kesempatan untuk menyimpang dari jalan Tuhan. Suara lain akan memanggilnya dan menawarkan untuk meninggalkan jalan salib. Ketika seseorang terlalu cepat mengambil langkah mengikut Tuhan dan dengan antusias menawarkan diri untuk mengikuti-Nya, seringkali berpikir bahwa tidak ada harga yang terlalu besar ketika mengikut Tuhan, tidak ada salib yang terlalu berat dan tidak ada jalan yang terlalu susah. Namun ketika harga yang harus dibayar terlalu besar, salib yang dipikul terlalu berat dan jalan yang ditempuh terlalu sulit, ia akan segera lari meninggalkan Tuhan.

Karena itu, ketika kita telah memutuskan diri untuk menjadi pengikut Kristus, kita harus sadar bahwa menjadi seorang murid dan menjadi pengikut-Nya bukanlah perkara yang mudah. Karena itu dibutuhkan kesiapan hati, keteguhan hati dan penyerahan diri secara total kepada Tuhan, sebab tanpa itu dapat dipastikan di tengah perjalanan kita akan lari dan menyimpang dari jalan Tuhan. Karena itu serahkan hidupmu secara total kepada Tuhan, sehingga Ia akan memberikan kita kekuatan untuk menanggung harga yang harus kita bayar dan menjalani jalan salib seberat apa pun yang ada di hadapan kita. Sebab hanya orang-orang yang mengandalkan Tuhanlah yang akan mendapat kekuatan baru. Jangan menyerah!

Tetapi Yesus menjawab: “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.”
Lukas 9:62

Bagikan Artikel: