Hal Mengumpulkan Harta

Pengajaran Yesus tentang mengumpulkan harta terdengar radikal pada zaman ini. Mungkin banyak orang bertanya. Apakah Ia serius dengan apa yang diajarkan-Nya? Bukankah kita harus mengumpulkan harta untuk masa tua dan keluarga kita? Jawabannya adalah alkitab tidak pernah melarang semua orang untuk mencari uang. Rasul Paulus juga membuat tenda untuk mencukupi kehidupannya, Rasul Paulus juga mengajarkan bahwa siapa yang tidak bekerja tidak usah makan. Di dalam Alkitab juga ditekankan bahwa seorang pria harus bekerja dengan rajin untuk mencukupi kebutuhannya dan kebutuhan keluarganya. Dalam hal mengumpulkan harta Alkitab menegaskan bahwa setiap orang percaya harus menghasilkan uang dengan cara yang benar, orang percaya juga harus mendahulukan kepentingan Tuhan di atas kepentingan pekerjaannya tujuan utamanya adalah mencari kerajaan dahulu dan kebenaran-Nya, orang percaya tidak boleh melalaikan keluarganya sebab banyak orang melupakan kewajibannya dalam keluarga hanya karena mengejar harta. Dan yang terakhir orang percaya boleh menambah kekayaannya dengan syarat tidak menjadi tamak dan menjadikan uang atau harta sebagai mamon.

Karena itu, bekerjalah dengan rajin namun jangan melupakan prinsip-prinsip kebenaran firman Tuhan. Mari setiap kita yang sudah Tuhan percayakan dalam satu pekerjaan bekerjalah dengan rajin dan jujur, jangan mengabaikan Tuhan karena pekerjaan, jangan mengabaikan keluarga karena bekerja, dan jika sukses jangan menjadi sombong. Ingat bahwa harta dan jabatan yang kita miliki hari ini adalah pemberian Tuhan dan itu hanya titipan. Jagalah dan lakukan dengan penuh tanggung jawab. Jadi orang percaya boleh mencari uang sebanyak mungkin asal dapat menempatkan Tuhan sebagai prioritas utama dalam hidupnya.

“Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.”
Matius 6:19-20

Bagikan Artikel: