Godaan untuk Berbuat Curang

Di sekolah, Ben terkenal sebagai murid yang jujur. Ia mengerjakan soal ujian tanpa mencontek. Namun akhir-akhir ini nilai Ben menurun dan ia mendapat tawaran dari teman-temannya untuk mencontek.

Untuk pertama kalinya Ben mencoba mencontek. Dari hasil contekannya Ben mendapatkan nilai yang nyaris sempurna. Kemudian Ben menjadi kecanduan dan ia membuat banyak sekali contekan. Ujian pun tiba, tak disangka aksi Ben tertangkap gurunya. Alhasil Ben mendapat hukuman dengan tidak naik kelas.

Curang memang merupakan jalan pintas yang nikmat. Tanpa melalui proses yang berat, sudah bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Kenikmatan seperti itulah yang iblis tawarkan untuk menjerat anak-anak Tuhan agar jatuh ke dalam dosa.

Dengan berbuat tidak jujur dan mencari jalan pintas memang akan menyelamatkan kehidupan kita di awal, namun itu sama halnya kita menggali lobang untuk diri sendiri dan kelak kita akan jatuh di dalamnya.

Berjerihpayahlah dalam kejujuran dan terimalah dengan sukacita apa yang dihasilkan ladangmu, bersyukurlah tanpa menyimpan iri hati. Pada waktunya nanti Tuhan akan memberkati orang-orang yang bertekun dan bekerja keras. Dia juga akan memelihara kehidupan orang-orang yang jujur.

Air curian manis, dan roti yang dimakan dengan sembunyi-sembunyi lezat rasanya.

Amsal 9:17

Bagikan Artikel: