Gereja Tuhan

Selanjutnya status atau sebutan kita sebagai warga negara Kerajaan Allah adalah Gereja Tuhan. Istilah Gereja dalam bahasa Yunani disebut dengan Ekklesia yang artinya kumpulan orang percaya yang sudah diselamatkan atau pribadi orang percaya itu sendiri; mereka yang dipanggil keluar dari kegelapan menuju terang-Nya yang ajaib. Secara harafiah Gereja juga disebut sebagai bangunan atau tempat beribadah orang-orang percaya. Karena itu, Gereja terdiri dari dua jenis yaitu gereja secara fisik (tempat atau bangunan) dan Gereja secara rohani (kita sebagai orang-orang yang percaya yang sudah diselamatkan). Perbedaannya gereja secara fisik bisa hancur atau dihancurkan, tetapi orang-orang percaya tidak akan bisa dibinasakan. Gereja fisik bersifat sementara, tetapi orang-orang percaya akan tetap selama-lamanya. Dalam hubungannya dengan Allah kita harus mempersembahkan hidup (tubuh) kita kepada Allah, menjaga hidup (bait Allah) kita dengan hidup dalam kekudusan, membangun persekutuan dengan Tuhan melalui doa, pujian dan penyembahan. Tugas kita sebagai Gereja Tuhan dalam hubungannya dengan sesama yaitu bersekutu dengan sesama orang percaya, hidup bergantung satu dengan yang lain, saling mengasihi, menghormati, membangun, mengampuni dan saling mendoakan. Sedangkan dalam hubungannya dengan dunia, Gereja harus menjadi berkat dan menjadi saksi untuk memberitakan Injil kepada orang lain.

Karena itu sadarilah bahwa kita adalah gereja Tuhan, kumpulan orang-orang yang sudah diselamatkan. Sebagai Gereja Tuhan milikilah hubungan yang baik dengan Tuhan dengan mempersembahkan hidup kita kepada-Nya, membangun persekutuan dengan-Nya setiap hari. Miliki juga hubungan yang baik dengan sesama, jangan menjadi manusia yang egois yang hanya mementingkan diri sendiri. Milikilah kasih kepada dunia ini dengan cara menyampaikan kabar keselamatan bagi semua orang. Sebab status kita sebagai gereja Tuhan harus kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah.

tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.
1 Petrus 2:9

Bagikan Artikel: