Fungsi Ibadah

Ibadah merupakan salah satu sarana manusia membangun relasi dengan Allah maupun dengan sesama. Di dalam ibadah seseorang diajak untuk menyadari dengan cepat akan keberadaan Allah yang suci, untuk mengisi pikiran dengan kebenaran Allah, untuk menyucikan imajinasi melalui kemegahan dan keindahan Allah, untuk membuka hati kepada kasih Allah serta untuk mengikuti kehendak Allah. Sedangkan dalam membangun relasi dengan sesama, ibadah sangat berguna karena kita bisa saling mendukung, menasihati dan menguatkan. Melalui ibadah, seseorang menyadari keberadaan dirinya sebagai ciptaan Tuhan sehingga ia dapat memperlakukan orang lain dengan tepat untuk mewujudkan imannya dalam kehidupannya sehari-hari.

Keadaan hari-hari ini mengakibatkan kita sulit berjumpa dan beribadah bersama. Karena itu, ketika Tuhan memberikan kesempatan untuk bertemu dan beribadah, mari kita gunakan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Mari saling menguatkan agar tetap teguh dalam iman percaya kita kepada Tuhan, sehingga ibadah kita membawa keuntungan yang besar bagi diri kita juga orang lain.

Janganlah kita lalai menghadiri kebaktian di gereja seperti yang dilakukan beberapa orang, tetapi marilah kita saling memberi dorongan dan saling mengingatkan, teristimewa sekarang ini, sebab hari kedatangan-Nya yang kedua kali semakin dekat.
Ibrani 10:25

Bagikan Artikel: