Direkomendasikan Allah

Mendengar kata rekomendasi, kita akan langsung terpikir tentang sesuatu atau seseorang yang dianjurkan, dipromosikan, ditunjuk untuk dapat dipercayai. Jika kita mendapat rekomendasi dari seseorang, tentunya ada kualitas tertentu dalam diri kita yang diakui olehnya. Hal itu pasti menjadi sebuah kebanggaan bagi kita. Direkomendasikan manusia saja begitu membanggakan, apalagi direkomendasikan oleh Allah. Seperti empat tokoh Alkitab yang mendapat rekomendasi langsung dari Allah karena kehidupan mereka yang sungguh luar biasa. Mereka adalah Hanaya, Misael, Azarya atau biasa disebut Beltzasar, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego.

Apa yang membuat mereka direkomendasikan oleh Allah? Pertama, mereka berketetapan untuk tidak menajiskan diri –hidup kudus. Kedua, mereka memiliki kebiasaan berdoa serta memuji Tuhan. Ketiga, mereka tidak menyombongkan diri. Keempat, mereka taat kepada Allah melebihi siapa pun. Kelima,  mereka percaya dan berserah penuh kepada Allah. Melihat kehidupan mereka, tidak mengherankan bila mendapat pujian dan jabatan yang tinggi di negeri pembuangan dalam pemerintahan raja Nebukadnezar.

Lalu bagaimana kehidupan kita, layakkah kita direkomendasikan oleh seseorang, lebih lagi direkomendasikan oleh Allah? Jika kita ingin direkomendasikan oleh Allah, mari kita memperbaiki kualitas hidup kita. Mari kita berketetapan untuk hidup kudus di hadapan Tuhan, meningkatkan jam doa kita, menjadi orang yang rendah hati, taat kepada Allah dan percaya penuh kepada Allah. Ketika hal-hal ini telah menjadi gaya hidup, kita tinggal menanti waktu Tuhan untuk merekomendasikan kita. Percayalah, Ia adalah Allah yang selalu menepati janji-Nya.

Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pengawai istana itu; Raja bercakap-cakap dengan mereka;dan di antara mereka sekalian itu tidak didapati yang setara dengan Daniel, Hanaya, Misael, dan Azarya; maka berjalanlah mereka itu kepada Raja. Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya.
Daniel 1:9, 19-20

Bagikan Artikel: