Dibimbing pada Kebenaran

Dibimbing
Dibimbing

Pada saat kita hendak melakukan sebuah dosa, pernahkah kita seperti mendengar suara yang mencegah kita melakukan hal buruk tersebut, menarik kita menjauh dari hal-hal tersebut, dan merasakan dorongan untuk menolak hal-hal tersebut? Kita sadari atau tidak, pada saat itu sesungguhnya Allah sedang bertarung untuk memenangkan hidup kita dari tipu muslihat dosa dan membimbing kita kembali pada kebenaran. Dan kita harus berjuang bersama-sama dengan Allah untuk memenangkan pertarungan itu dan tetap berada dalam kebenaran yang akan menyukakan hati Allah.

Allah senantiasa membimbing kita untuk membuat pilihan yang benar dan untuk melakukan apa yang benar. Kita mendapat kekuatan oleh Allah melalui firman yang kita baca dan dengar, yang akan bertumbuh dalam hidup kita. Firman itu akan mengajar kita dalam segala hal yang kita alami dan membimbing kita dalam membuat keputusan terbaik. Seperti yang tertulis dalam 2 Timotius 3:16, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Kita perlu membuka hati dan hidup kita untuk dibentuk Allah, agar dapat melihat mana jalan yang benar dan mana yang menuju kehancuran. Kita perlu meruntuhkan rasa ego dan keangkuhan, untuk menjadi pribadi yang siap dibentuk dan dibimbing pada kebenaran. Sendengkanlah telinga kepada Allah agar kita dapat mendengar suara-Nya dan mengerti maksud-Nya. Bukalah hati agar firman Allah dapat tinggal dan berbuah di dalam hidup kita dan menjadi penuntun jalan kemana pun kita melangkah. Allah akan membimbing kita menuju kebenaran untuk menegaskan bahwa hidup kita haruslah berada di dalam kebenaran.

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Yohanes 16:13

Bagikan Artikel: