Diam Mencegah Pelanggaran

Banyak orang yang tidak mampu mengendalikan kata-kata. Mereka seringkali mengomentari kehidupan orang lain, memperkatakan yang buruk namun memuji-muji dirinya sendiri. Tanpa mereka sadari, apa yang telah diperkatakan telah melukai perasaan orang lain.

Bila kita sudah kehabisan kata-kata, lebih baik diam daripada mencari pembicaraan lain kemudian lidah kita tergelincir masuk dalam kubangan dosa. Semakin banyak kita berbicara, maka akan semakin sedikit mendengar kebenaran.

Salah satu fungsi mulut adalah terkatup. Tertutup dan diam. Sebutir mutiara terbentuk karena kerang yang menutup cangkangnya. Kualitas hidup kita juga diuji dengan seberapa mampu kita menutup mulut.

Kata-kata yang kita ucapkan mungkin sepele, namun bisa menjadi senjata yang mematikan. Manusia tergelincir bukan oleh batu besar, melainkan kerikil-kerikil kecil, seperti itulah jika kita tidak berhati-hati dalam berbicara. Melalui perkataan, kita bisa menjadi berkat. Melalui perkataan pula, kita bisa melahirkan banyak pelanggaran.

Sekiranya kamu menutup mulut, itu akan dianggap kebijaksanaan dari padamu.

Ayub 13:5

Bagikan Artikel: