Bertumbuh Melalui Perselisihan

Bertumbuh
Bertumbuh

Perselisihan adalah sesuatu yang tidak mungkin dihindari dalam segala hubungan. Menyatukan dua bahkan lebih pemikiran, sudut pandang, dan kepentingan yang berbeda tentu bukan sesuatu yang mudah. Dan biasanya dalam perbedaan itu akan muncul perselisihan yang mengganggu hubungan. Berhubungan dengan orang lain juga seringkali membuat kita tidak sabar dan merasa kesal. Namun jika kita mau melihat secara luas hubungan kita dengan sesama, kita akan menyadari bahwa ada pertumbuhan di dalam perselisihan, kita berkesempatan untuk belajar menghasilkan hal-hal baik.

Dalam Amsal 27:17 dikatakan, “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.” Manusia belajar dari sesamanya. Melalui setiap aktivitas yang kita lakukan bersama, kesibukan yang menyita waktu bersama, masalah yang menerpa dalam hubungan bersama, di sanalah kita belajar untuk semakin bertumbuh. Kita harus sadar bahwa saat berbenturan dan saat ada masalah itulah kita belajar untuk saling menajamkan, saling introspeksi dan memperbaiki diri agar ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi.

Kita tidak bisa memaksa semua orang harus sama seperti diri kita, karena pasti akan selalu ada perbedaan. Pakailah setiap momen untuk membantu kita bertumbuh menjadi karakter yang lebih kuat dengan pemikiran yang lebih dewasa. Mintalah pada Tuhan agar kita diberi hati yang lapang untuk menghargai perbedaan. Untuk mengajar dan mengampuni dalam setiap perselisihan dan menjaga relasi kita agar menghasilkan hal-hal baik.

Sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah.

Kolose 1:10

Bagikan Artikel: