Bersyukur Atas Hal yang Tidak Disukai

Bersyukur
Bersyukur

Jika kita diminta untuk menyebutkan hal-hal baik yang layak disyukuri, kita akan dengan mudah menyebutkan banyak hal, misalnya keluarga yang hangat, teman yang baik, pasangan yang setia, makanan yang enak, rumah yang nyaman, pekerjaan yang bagus, dan sebagainya. Namun bagaimana jika kita diminta menyebutkan hal-hal yang tidak kita sukai namun sangat kita syukuri, pasti kita akan berpikir dua kali bahkan lebih untuk membuat daftarnya. Apakah kita masih mampu mengucap syukur saat merasa sedih, marah, dan sakit hati pada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana?

Hidup tidak selalu tentang hal yang kita sukai saja, tetapi juga tentang hal yang tidak berjalan sesuai rencana, tidak kita inginkan, dan juga tidak kita sukai. Seringkali kita harus menerima keadaan yang membuat kita merasa kecewa dan ingin menyerah, seperti penolakan, patah hati, penyakit, dan kematian. Namun kita harus belajar menghargai dan mensyukuri hal yang tidak disukai. Penolakan dapat mengajar kita untuk meletakkan pengharapan hanya pada Tuhan. Patah hati dapat mengajar kita untuk percaya bahwa kasih Allah jauh lebih besar dari siapapun dan Ia juga tidak akan pernah mengecewakan. Penyakit dapat mengajar kita untuk lebih menjaga kesehatan. Dan kematian dapat mengajar kita untuk lebih menghargai waktu. Semua itu tidak akan menghancurkan kita, justru akan membentuk kita menjadi orang yang lebih kuat dan mampu dipakai Tuhan di dunia ini.

Bersyukurlah untuk turunnya hujan walau pun kita lebih menyukai sinar matahari, bersyukurlah untuk penolakan walau pun kita lebih ingin dicintai, dan bersyukurlah untuk penundaan walau pun kita lebih menyukai agar segala sesuatunya berjalan dengan cepat. Bersyukurlah untuk segala hal yang tidak kita sukai. Saat kita sedang mengalami masa sulit, ingatlah bahwa semua itu hanya sementara, semuanya akan berlalu dan berganti menjadi sukacita. Jangan biarkan keadaan itu mengguncang dan mengalahkan kita. Cobalah mengubah sikap kita tentang hal-hal yang tidak kita sukai tersebut, buka hati kita untuk lebih bersyukur dalam setiap keadaan, keadaan baik ataupun buruk dan keadaan mudah ataupun sulit.

Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Filipi 4:19

Bagikan Artikel: