Beratnya Pengampunan

Berbicara mengenai pengampunan, rasanya sangat mudah diucapkan tetapi sulit dilakukan. Kadangkala mengampuni semakin sulit jika relasi yang terjalin cukup dekat atau karib. Karena semakin dekat relasi seseorang semakin susah untuk mengampuni jika orang tersebut berbuat sesuatu yang mengecewakan. Tindakan untuk mengampuni ini juga akan terasa berat jika intensitas dan frekuensi dari kesalahan orang tersebut begitu berat.

Menyadari bahwa betapa besar pengampunan Tuhan bagi kita, itulah yang seharusnya menjadi dasar bagi kita untuk mengampuni orang yang menyakiti kita. Mari kita terus-menerus belajar untuk mengampuni. Kita tahu bahwa ini bukanlah hal mudah tapi ketika kita mengingat pengampunan-Nya, kita akan dimampukan untuk mengampuni orang lain.

Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?”. Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.
Matius 18:21-22

Bagikan Artikel: