Belaskasihan

Sebagai teladan yang sempurna, Yesus memiliki sifat dan karakter yang sempurna untuk kita jadikan teladan hidup kita. Sifat dan karakter selanjutnya yang akan kita bahas adalah belaskasihan. Belaskasihan dalam bahasa Yunani adalah espiagknisthe, yang berarti  hati Yesus tergerak oleh belas kasihan. Belas kasihan Yesus ditunjukkan-Nya selama Ia melakukan pelayanan di dunia ini, ketika ia melihat orang yang lelah dan terlantar, melihat orang kelaparan, orang yang sakit dan mereka yang tidak dipedulikan. Beberapa hal yang penting untuk kita pelajari tentang belas kasihan Yesus. Pertama, kita belajar belas kasihan Yesus berhubungan dengan hati. Mengasihi dan berbelaskasihan itu timbul dari hati, bukan hanya sekedar perkataan. Kedua, belaskasihan Yesus diwujudkan dengan tindakan. Yesus tidak hanya berkata-kata bahwa Ia berbelaskasihan, tidak sebatas timbul dari dalam hati, tetapi diwujudkan dengan tindakan nyata. Ketiga, dalam belas kasihan terdapat amarah dan murka. Ketika Yesus berbelas kasihan kepada orang banyak, atau secara pribadi, Yesus bukan hanya merasa kasihan atas keadaan seseorang itu. Tetapi Dia murka, marah terhadap apa yang yang dialami manusia: sakit, kematian, kekurangan, kemiskinan dan dosa. Sehingga melalui tindakan-Nya Yesus menghardik atau mengusir semua hal itu.

Mari kita belajar tentang belaskasihan kepada sosok yang sempurna yang telah memberikan teladan yang sempurna juga bagi kita yaitu Yesus Kristus. Ia telah mengajarkan belas kasihan yang timbul dari dalam hati, dan dibuktikan dengan tindakan nyata kepada orang lain. Mari kita membenci dosa, bukan orang yang berbuat dosa. Dengan demikian kita memiliki belaskasihan kepada mereka dan berusaha membawa mereka untuk kembali ke jalan Allah yang benar. Karena itulah yang dilakukan Yesus kepada orang-orang berdosa, dan sebagai pengikutnya kita harus melakukan hal yang sama.

Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.
Matius 9:36

Bagikan Artikel: