Bahaya Sistem Dunia

Pada zaman serba modern ini telah terbentuk sebuah sistem dunia virtual yang mengakibatkan tantangan yang semakin besar bagi masa depan kekristenan. Jika kita tidak berpikir tajam, sadar dan mengantisipasi maka sistem ini akan menghancurkan kekristenan. Bukan hanya menghancurkan relasi-relasi namun juga menghancurkan persekutuan antar orang percaya. Hal ini telah terbukti bahwa orang cenderung enggan untuk ke gereja untuk bersekutu dan lebih memilih persekutuan atau ibadah melalui layar hp atau pun televisi. Bahkan Gereja mulai mengadopsi cara-cara dunia untuk menarik jemaat untuk datang ke gereja, menggunakan lampu-lampu yang mirip dengan diskotek, bahkan ada istilah baru untuk julukan gereja yaitu hot Tub Region karena agama Kristen telah berubah menjadi agama yang penuh dengan kenikmatan dunia.

Saat ini keadaan ini mulai terlihat nyata dalam kehidupan kita, yang diakibatkan oleh pandemi sehingga hampir semua orang melakukan segala sesuatu mengunakan sistem dunia virtual termasuk ibadah. Namun, setelah pandemi berangsur pulih dan Gereja di buka kembali banyak orang Kristen yang mulai enggan untuk ke Gereja. Ada yang beralasan masih takut nanti corona melonjak, tapi tidak sedikit yang mengatakan mulai nyaman dengan ibadah virtual. Hati-hatilah bahaya sistem dunia yang mulai menghantui dan menggoda kita sehingga kita terjerumus di dalamnya. Mari kita mengantisipasi ini sejak awal sehingga kita tidak ikut terjebak di dalamnya.

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.
Ibrani 10:25

Bagikan Artikel: