Akhir yang Baik

Banyak orang yang mengawali sesuatu dengan baik, namun sedikit yang mengakhirinya dengan baik. Bagaimana kita mengakhiri, tergantung  pada yang kita lakukan sekarang. Untuk mengakhiri hidup dengan baik, kita harus mengawali tiap babak kehidupan kita dengan baik. Ibarat main catur, setiap langkah yang kita buat punya konsekuensi untuk akhir permainan.

Mengakhiri sesuatu dengan baik melibatkan relasi dengan Tuhan, yaitu ketaatan dan kesetiaan terhadap panggilan Tuhan. Fokus kita adalah bagaimana dapat menyelesaikan tugas yang diberikan Allah kepada kita dengan baik. Begitu juga ketika kita menjalin relasi dengan orang lain. Tuhan berharap agar hidup kita mampu membawa pengaruh yang baik bagi orang lain. Tidak cukup sampai situ, kita pun harus memiliki integritas dengan menjaga hati nurani yang bersih dari segala hal yang akan kita lakukan. Hati dengan maksud dan motivasi yang murni, merupakan harta kehidupan yang sangat berharga.

Oleh karena itu, setiap kita yang sudah mengawali perjalanan iman dengan benar, hendaknya tetap berkomitmen sampai akhir. Semoga kita dapat mengakhiri pertandingan iman dengan baik, atau yang biasa disebut finishing well.

Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.
2 Timotius 4:7

Bagikan Artikel: