Abaikan yang Tidak Penting

Abaikan yang Tidak Penting
Abaikan yang Tidak Penting

Hidup ini penuh banyak hal dengan tingkat kepentingan yang berbeda. Ada orang yang memosisikan kepentingan tertinggi pada keluarga, kesuksesan, pencapaian, kesehatan, kebahagiaan, atau kepopuleran. Berapa banyak kepentingan itu akan menguras energi dan emosi kita tergantung dari berapa banyak kita memberi perhatian pada setiap hal. Jika kita terlalu fokus pada masalah-masalah yang tidak penting, banyak perkara yang jauh lebih penting akan terabaikan.

Sebagian orang sering salah dalam memberi porsi. Terkadang kepentingan yang harusnya diberi perhatian lebih besar justru harus terabaikan. Dan sesuatu yang kurang atau bahkan tidak penting malah sangat diperhatikan. Perasaan khawatir dan sedih serta orang-orang yang selalu memberi penilaian buruk dalam hidup kita harus kita letakkan di posisi yang tidak penting bahkan terkadang harus diabaikan. Sementara mimpi dan harapan kita serta orang-orang terkasih harus kita letakkan di posisi pertama yang menjadi sangat penting.

Hindari hal yang membuang banyak waktu kita dan tidak ada gunanya. Berilah perhatian cukup pada setiap masalah sesuai porsinya agar kita mampu berusaha maksimal untuk mencapai tujuan. Berfokuslah pada hal-hal penting dalam hidup kita, hal-hal yang membawa sukacita, orang-orang yang mengasihi dan selalu support, kegiatan-kegiatan yang mendekatkan diri pada Tuhan, dan kebiasaan yang meningkatkan kualitas hidup kita. Mulailah menata prioritas agar hal yang penting tidak menjadi korban dan energi kita juga tidak terbuang sia-sia.

Arahkanlah perhatianmu kepada didikan, dan telingamu kepada kata-kata pengetahuan.

Amsal 23:12

Bagikan Artikel: