Umur Panjang adalah Berkat

Umur Panjang

Umur Panjang

Di dalam Alkitab kita mengenal banyak tokoh yang berumur sangat panjang, bukan hanya 100 tahun melainkan sampai 900 tahun. Mereka ini adalah orang-orang yang hidup benar di hadapan Allah. Beberapa diantaranya yaitu Adam berumur 930 tahun, Set berumur 912 tahun, Enos (anak Set) berumur 905 tahun, Kenan (anak Enos) berumur 910 tahun, Mahalaleel (anak Kenan) berumur 895 tahun, Yared (anak Mahalaleel) berumur 962 tahun, Metusalah (anak Henokh) berumur 969 tahun, Lamekh (anak Metusalah) berumur 777 tahun, Nuh berumur 950 tahun, Sem (anak Nuh) berumur 600 tahun.

Apakah saat ini kita masih pernah menemui orang-orang yang mencapai umur ratusan tahun seperti mereka? Hampir tidak pernah. Beberapa orang memang tercatat telah berumur sangat tua, namun hanya berkisar 100-an tahun, itu pun sangat jarang sekali. Semua orang pasti memiliki kerinduan untuk dapat menikmati hari-hari bersama orang-orang yang kita sayangi lebih lama lagi. Karena itu doa panjang umur hampir tidak pernah kita lewatkan untuk orang-orang yang kita sayangi dan juga diri kita sendiri. Namun yang paling penting adalah bukan berapa panjang umur yang kita miliki, melainkan bagaimana kita mengisinya dengan sesuatu yang berharga.

Jatah umur tiap-tiap orang telah ditentukan Allah dengan adil. Umur panjang adalah berkat yang tak terkira besarnya yang diberikan Tuhan untuk mereka yang mengasihi-Nya. Tuhan melimpahi mereka dengan berkat yang besar, umur panjang, dan kehormatan. Ia sanggup memberikan umur panjang asalkan itu memiliki dampak yang baik untuk pertumbuhan rohani kita dan orang lain. Seiring dengan doa panjang umur yang kita panjatkan, kita harus menunjukkan tanggung jawab terhadap waktu yang masih kita miliki, bahwa kita benar-benar memakainya untuk hal-hal yang berharga. Semoga Tuhan memberkati kita dengan umur, waktu, dan kesempatan yang mampu kita pakai dengan sebaik-baiknya, yang bermanfaat buat hidup kita dan orang lain, untuk memuji dan memuliakan Tuhan di dunia ini.

Siapakah orang yang menyukai hidup, yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik? Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu; jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya!

Mazmur 34:13-15

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose