Suka Duka untuk Kebaikan

Suka Duka Kebaikan

Suka Duka Kebaikan

Semua yang kita alami bertujuan untuk membawa kebaikan bagi kita, termasuk suka maupun duka. Berbagai tekanan, kesulitan, masalah, penderitaan, dan hal yang mendukakan lainnya juga mampu membawa kebaikan dalam hidup kita. Allah tidak menghendaki kita bersedih atau berduka karena masalah yang ada. Justru Dia ingin memakai dukacita yang kita alami sebagai sarana untuk membawa kita pada level kehidupan yang lebih baik lagi. Kita harus percaya bahwa Allah sedang bekerja mengubah hidup kita menjadi berbeda dan luar biasa.

Setiap proses dalam kehidupan kita dirancang Allah sedemikian rupa untuk mengubah kita menjadi semakin berharga. Menerima hal-hal yang mendukakan sebagai bagian dari rancangan kebaikan terkadang memang sulit. Kita memerlukan ketaatan dan keyakinan bahwa kelak akan memperoleh bagian yang adil meskipun saat ini belum dapat melihatnya. “Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya (Ibr. 12:11).” Meskipun pada saat datangnya duka itu tidak menyenangkan hati kita, namun dibalik semua itu Allah mempersiapkan ganjaran atas ketaatan kita, Allah menyediakan anugerah dan kasih karunia yang tak terbatas.

Segala berkat yang mendatangkan suka mengajar kita untuk semakin bersyukur dan memuji Allah. Dan segala pencobaan yang mendatangkan duka mengajar kita untuk semakin percaya dan berserah kepada Allah. Semua yang datang bertujuan untuk membawa kebaikan dalam hidup kita. Suka duka yang kita alami akan membawa kebaikan, karena itu ingatlah segala kebaikan Allah walau dalam suka maupun duka. Allah bekerja dalam segala sesuatu, baik suka maupun duka, untuk mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang mengasihi-Nya. Tetaplah tekun dan setia.

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Roma 8:28

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose