Suara yang Menenangkan

Menurut beberapa penelitian, mendengar suara air dapat membuat seseorang merasa lebih tenang dan nyaman. Suara gemericik air bisa mempengaruhi pikiran seseorang agar tetap tenang, nyaman, dan tidak khawatir dengan keadaan. Air yang jatuh secara teratur dan terus-menerus seperti rintik hujan dan aliran sungai, mampu mengalihkan fokus pendengaran kita dari bunyi-bunyi tak nyaman. Bahkan suara yang sama dapat membuat kita mengantuk. Selain itu, suhu udara di sekitar juga akan terasa mendukung suasana damai tersebut. Para psikolog bahkan menggunakan suara air sebagai terapi agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Kehidupan yang penuh dengan tekanan, kesibukan, dan pergolakan sering memaksa kita untuk lari dari kenyataan dan mencari ketenangan. Kita bisa mendapat ketenangan dari berbagai hal di dunia ini, namun semua itu tidak memberi jaminan bahwa kita akan memperoleh kedamaian. Kita bisa melarikan diri dari segala permasalahan pada hal yang sia-sia, namun hal itu bukannya menyelesaikan permasalahan yang ada, justru menambahnya. Ketenangan yang sejati hanya kita dapat di dalam Allah.

Seperti suara air yang membawa ketenangan bagi jiwa kita, kasih Allah pun akan memberi kedamaian bagi hidup kita. Melalui firman yang kita baca dan renungkan, melalui pujian dan doa yang kita naikkan, Allah akan menyatakan kuasa-Nya dan menjaga kita tetap berada dalam perlindungan. Saat dekat dengan Allah hidup kita akan semakin diperbaharui, jiwa kita akan kembali tenang, kita memperoleh kekuatan untuk menghadapi segala perkara, dan semakin mengakui kebesaran Tuhan yang melampaui kekurangan kita. Datanglah kepada Allah dan rasakan kasih-Nya yang begitu besar yang mampu memberi ketenangan diantara segala beban dan pergumulan kita.

Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Mazmur 23:2-3

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose