Sesuai Kesanggupan Kita

Sesuai Kesanggupan

Sesuai Kesanggupan

Dalam perumpamaan tentang talenta dijelaskan bahwa seorang tuan yang akan pergi mempercayakan hartanya pada hamba-hambanya. Ia memberikan sesuai kesanggupan mereka, ada yang lima, dua, dan satu talenta. Setelah tuannya itu pulang, ia mendapati dua hambanya mampu bertanggung jawab atas talenta yang mereka terima, sementara seorang hamba tidak menggunakan apa yang ia terima sehingga ia harus menerima konsekuensinya.

Tuhan memberi kita masing-masing berkat dan perkara yang berbeda. Tidaklah tepat jika kita membandingkan semua yang kita terima dengan yang diterima orang lain dan menganggap seolah-olah Tuhan tidak adil dalam hidup kita. Tanggung jawab yang diberikan Tuhan pada kita sebanding dengan kekuatan yang kita miliki untuk memikulnya. Semakin kuat diri kita, maka semakin besar tanggung jawab yang akan diberikan.

Tentu tidak semua orang mendapatkan kesempatan dan sumber daya yang sama. Karena masing-masing orang akan dikaruniakan perkara yang sesuai dengan kesanggupannya. Pencobaan yang datang juga akan disertai dengan kekuatan yang berasal dari Tuhan, sehingga kita tidak akan dicobai melebihi kemampuan kita. Sudah selayaknya kita bertanggung jawab atas segala berkat yang diberikan dalam hidup kita, yang harus kita pakai untuk kemuliaan nama Tuhan dan dilipatgandakan untuk membantu sesama.

Sebab TUHAN akan memberi keadilan kepada umat-Nya, dan akan sayang kepada hamba-hamba-Nya.

Mazmur 135:14

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose