Peringatan yang Menyelamatkan

Peringatan

Peringatan

Suatu hari ada seorang pelukis yang baru saja menyelesaikan lukisannya. Lukisan itu sangat bagus, berukuran besar dan digantung di sebuah ruangan. Karena terlalu senang, ia mengamati lukisan itu dengan sangat serius dan tidak ingin diganggu siapapun. Sambil berjalan mundur ia memandangi lukisannya dan tidak menyadari bahwa di belakangnya ada sebuah lubang dan ia sudah berada di pinggirnya. Karena tidak ingin mengejutkannya dengan teriakan, akhirnya seorang pelayan berusaha  mencoret lukisannya. Si pelukis yang melihat tingkah pelayannya pun berjalan mendekati lukisannya dengan perasaan kesal dan menjauhi lubang tersebut. Awalnya ia merasa kesal namun kemudian merasa bersyukur karena terhindar dari bahaya.

Dalam hidup ini pun kita sering mendapatkan peringatan, baik dari orang-orang sekitar kita maupun dari Tuhan. Tentu tujuannya adalah untuk kebaikan kita, untuk keamanan diri kita, dan kebahagiaan hidup kita. Mungkin kita menganggap apa yang kita lakukan sudah benar dan keadaan yang kita lihat baik-baik saja. Namun Tuhan lebih mengetahui keadaan dan hidup kita dibanding diri kita sendiri. Mungkin kita merasa kesal dan merasa terusik, namun di balik itu kita akan sadar bahwa tujuan utamanya adalah untuk keselamatan kita.

Peringatan yang kita terima semata-mata adalah untuk keselamatan kita. Tuhan menetapkan peraturan-peraturan dalam hidup kita agar perjalanan kita lancar dan aman. Jika kita sedikit membandel dan mulai mengandalkan diri sendiri, Tuhan akan memberi peringatan dan membuat perhatian kita kembali pada-Nya. Tuhan tidak memberi rancangan yang jahat, Ia tidak ingin menghancurkan rencana-rencana kita. Tuhan hanya menginginkan agar kita tidak terjatuh ke dalam jerat-jerat dosa yang menjauhkan kita dari-Nya. Karena itu Tuhan memberi kita peringatan untuk mengingatkan kita kembali pada-Nya. Semua itu adalah bukti kasih-Nya yang harus kita respon dengan ucapan syukur dan ketaatan.

Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya.

Mazmur 25:10

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose