Mengampuni Itu Tidak Mudah

Ada sebuah patung dari kayu yang begitu indah. Setiap ukirannya sangat detail. Menurut pengakuan dari pemahatnya, patung itu ia buat selama 5 tahun. Sudah banyak orang yang berniat untuk membelinya tapi patung itu tidak untuk dijual.

Ternyata ada kisah dibalik pembuatan patung itu. Lima tahun yang lalu, ia memergoki istrinya berselingkuh. Akhirnya istrinya memilih untuk meninggalkannya dan membawa serta anaknya. Pemahat itu hidup dalam kepahitan, ia berusaha untuk memaafkan perbuatan istrinya.

Pemahat itu sudah mencobanya berkali-kali dengan meminum minuman keras agar lebih mudah melupakan. Namun berakhir dengan sia-sia. Luka itu masih ada dalam hatinya. Lalu ia melihat sebuah pohon di halaman rumahnya. Ia mulai menebangnya. Secara perlahan-lahan ia tancapkan luka itu pada batang pohon. Setiap sakit dan perih pada hatinya, ia sayatkan pada serat kayu. Berkali-kali ia lakukan hal itu sampai kepahitan dalam hatinya lenyap. Setelah ia berhasil mengampuni, ia baru menyadari bahwa dalam sebuah pengampunan itu ada keindahan.

Mengampuni itu memang tidak mudah. Mungkin akan sangat mudah untuk diucapkan namun akan tetap mengganjal dalam hati. Kita harus memiliki seni untuk bisa mengampuni. Saat hati kita mulai sakit, maka kita harus secepatnya berdoa. Saat hati kita mulai kecewa, kita bisa memuji Tuhan. Saat hati kita mulai marah, kita bisa melakukan kebaikan bagi sesama. Saat kita ingin menyerah untuk mengampuni, maka kita harus datang kepada Tuhan dan memohon ampun atas ketidaksanggupan kita, dan pasti Tuhan akan memberi kekuatan.

Mengampuni itu memang tidak mudah, namun akan selalu mendatangkan kebaikan bila kita bisa melakukannya. Mengampuni itu ibarat mengukir berkat yang pastinya akan menjadi lebih indah saat kita siap untuk menerimanya.

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Kolose 3:13

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , ,

You might also likeclose