Mendengar Didikan

Kitab Amsal merupakan kumpulan tulisan Salomo yang berisi banyak sekali didikan maupun teguran khususnya untuk orang-orang muda. Kitab Amsal berisi pengajaran mengenai hal-hal yang besar maupun hal-hal yang kecil, dan masalah-masalah yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa topik yang dibahas di antaranya mengenai perilaku pribadi, pergaulan, perdagangan, kekayaan, ketamakan, perzinahan, kemalasan, kejujuran, keangkuhan, belas kasihan, kemarahan, dan minuman keras. Kitab Amsal mengandung banyak pengajaran tentang bagaimana kita dapat hidup dengan hikmat.

Sebagian orang mungkin menganggap didikan itu sebagai hal yang menyebalkan sehingga tidak mau mendengarnya dari orang lain. Hal ini karena ada kecenderungan yang menganggap bahwa diri sendiri lebih hebat dibanding yang lain. Padahal didikan dan nasehat adalah pengingat bagi kita supaya tidak tersesat. Melalui didikan kita bisa mendapat solusi atas masalah yang sedang terjadi dan diubah menjadi lebih baik setelah kekurangan kita dikoreksi. Didikan yang diberikan kepada kita oleh orang lain, baik orang yang lebih tua maupun yang lebih muda, semua itu adalah bukti perhatian dan tanda sayang mereka kepada kita.

Saat kita mendengarkan nasihat, itu berarti kita berusaha untuk mengarahkan hidup kita kepada hikmat. Dalam Amsal 9:10 dikatakan, “Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.” Pengetahuan dan juga hikmat akan kita dapat melalui hidup yang takut akan Tuhan, mengenal kehendak Tuhan dan bergaul akrab dengan-Nya. Sama seperti ketika orang tua menegur kesalahan yang kita lakukan dan kemudian mengajar kita untuk memperbaikinya agar menjadi pribadi yang lebih baik darisana. Tuhan pun sering mendidik kita melalui firman yang kita dengar, melalui renungan yang kita baca, melalui orang lain, atau melalui peristiwa yang kita alami. Jangan menolak didikan Tuhan dan jangan bosan akan peringatan-Nya. Karena peringatan Tuhan bertujuan untuk membentuk hidup kita sesuai aturan dan kehendak-Nya.

Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan.

Amsal 19:20

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose