Memberi Tanpa Mengaharapkan Balasan

Memberi

Memberi

Jaman sekarang sulit rasanya menemukan kebaikan tanpa dibayangi suatu kepentingan tertentu dibelakangnya. Sehingga istilah no free lunch mungkin sudah cukup akrab di telinga kita. Kata-kata itu menunjukkan bahwa tidak ada yang gratis dan semuanya serba perhitungan untung ruginya. Secara tidak sadar kita juga jadi sering memberikan sesuatu dengan harapan mengharapkan balasan. Namun jika kita hanya mengharapkan balasan dari perbuatan baik yang kita lakukan, kelak kita akan dikecewakan ketika orang tersebut tidak memberi balik apa-apa.

Kita tahu bahwa kasih setia Tuhan berlimpah di dalam hidup kita dan semua yang kita terima sebagai balasan dari perbuatan kita adalah kehendak Tuhan. Namun jika kita memberi dan mengasihi orang lain hanya agar kita mendapat balasan dari yang kita lakukan, maka kita akan mendapat kecewa suatu saat nanti karena yang kita dapat tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Dalam Lukas 6:30 kita diajarkan untuk memberi dengan ikhlas dan tidak terlalu perhitungan, “Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.”

Ketika kita diberi kesempatan untuk menolong dan memberi kepada orang lain, berikanlah dengan penuh ketulusan. Memberi tanpa mengharap balasan juga berarti ucapan syukur kita kepada Tuhan karena berkat dan kesempatan yang diberikan pada kita untuk berbuat baik. Percayalah, Tuhan akan mencukupkan hidup kita, sehingga kita bisa memberi tanpa harus takut kekurangan. Hendaklah kita murah hati sama seperti Bapa di surga juga adalah murah hati. Mintalah pada Tuhan kasih dan kerelaan yang besar untuk berbagi dan mengasihi orang lain, bukan hanya untuk menerima ganjaran yang sesuai dengan perbuatan kita tetapi juga karena kita telah lebih dahulu dikasihi dan dilimpahi berkat oleh Tuhan.

Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Lukas 6:35

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose