Lebih dari Nama Baik

Ada seorang pemuda yang begitu sibuk menjaga nama baiknya. Ketika ada orang lain yang membicarakan dirinya tentang hal-hal negatif, ia buru-buru menghampiri dan memberikan klarifikasi. Pemuda itu sangat memperhatikan perkataan-perkataan yang ditujukan untuk dirinya.

Pemuda itu ibarat tukang pel yang selalu membersihkan jejak kaki orang lain, namun lupa untuk mencuci kakinya sendiri. Apa yang ia liat di depan harus selalu bersih dan rapi, tapi tidak melihat ke dalam dirinya sendiri yang masih penuh dengan kotoran.

Apakah kita juga memiliki sifat seperti itu? Jangan terlalu fokus pada apa yang dikatakan orang lain tentang kehidupan kita. Jangan begitu sibuk menjaga nama baik namun lupa menjaga sikap kita. Bila kita difitnah oleh orang lain, biarlah Tuhan yang membersihkan kita dengan cara-Nya.

Ada yang lebih penting daripada menjaga nama baik, yaitu dengan menjaga tingkah laku kita. Tidak hanya itu, kita juga harus selalu menjaga hubungan kita dengan Tuhan. Jangan hanya karena nama baik, hidup kita menjauh dari Tuhan.

Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

1 Timotius 4:12b

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , ,

You might also likeclose