Ketika Tak Mampu Mengampuni

Sangat wajar bila manusia tidak akan pernah menerima perlakuan sesamanya yang menyakitinya dirinya. Kitapun mungkin juga demikian, akan sangat sulit menerima bahkan mengampuni perbuatan orang lain yang merugikan diri kita. Pengampunan itu kemudian menjadi sangat mahal dan harus dibayar dengan perbuatan baik yang menguntungkan kita.

Kita cenderung melihat kesalahan orang lain itu dengan sebelah mata. Alangkah baiknya jika sisi mata yang lain kita pergunakan untuk melihat kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat sebelumnya.

Bila hidup kita tidak lebih benar dari orang lain, pantaskah kita untuk tidak mengampuni orang lain? Bila orang lain mampu memaafkan segala kesalahan kita, pantaskah bila kita menahan pengampunan itu kepada orang lain?

Jangan pernah melihat seberapa perih hatimu karena dikecewakan oleh orang lain. Jangan pernah menghitung seberapa banyak kerugianmu karena kelakuan orang lain. Tapi pandanglah Yesus. Berapa banyak pelanggaran kita yang telah melukai hati Bapa, namun pengampunan-Nya terus mengalir dalam hidup kita.

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Kolose 3:13

Bagikan Artikel:

Tags: , ,


youtube

youtube

youtube

Motivasi Terkini
youtube
Jesus
You might also likeclose