Bertumbuh Melalui Pencobaan

Bertumbuh Melalui Pencobaan

Bertumbuh Melalui Pencobaan

Bagaimana cara burung rajawali mengajar anaknya untuk terbang? Bukan dalam keadaan yang menyenangkan, melainkan sedikit kejam. Rajawali selalu membangun sarang di pohon di puncak bukit yang tinggi dan terjal. Saat anak rajawali belajar terbang, induknya akan merusak dan menjungkirbalikkan sarangnya sehingga anaknya jatuh menuju batu-batu tajam yang ada di bawahnya. Dalam keadaan seperti itu, anak rajawali akan berusaha mengepak-kepakkan sayapnya. Dan sebelum mendarat di tanah, induk rajawali akan menangkap anaknya dan menjatuhkannya kembali. Hal itu dilakukan berulang-ulang sampai ia cukup kuat dan akhirnya mampu terbang sendiri.

Tuhan memakai setiap pencobaan untuk membuat kita tumbuh semakin dekat dengan karakter Kristus dan semakin bergantung pada-Nya. Pencobaan yang datang akan memaksa kita untuk semakin berpikir, berusaha, berserah kepada Tuhan, dan optimis akan rencana indah-Nya. Karakter kita akan semakin kuat dan iman kita semakin teguh. Pertumbuhan dapat terjadi hanya apabila kita bergantung kepada Tuhan. Menghadapi pencobaan hanya dengan mengandalkan diri sendiri tidak akan membuat kita semakin kuat. Kekuatan dan kebijaksanaan dari Tuhanlah yang akan melepaskan kita dari segala pencobaan.

Setiap pencobaan yang datang dapat menjadi sebuah kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik. Terkadang Tuhan mengembangkan damai sejahtera di dalam kita bukan melalui hal-hal yang berjalan sesuai rencana kita, tapi dengan mengijinkan kekacauan dan kebingungan terjadi dalam hidup kita. Namun di dalam Tuhan kita akan belajar menikmati setiap proses sampai kita mampu terbang tinggi bagai rajawali. Bergantunglah kepada Tuhan dan jangan menyerah kepada pencobaan.

Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Yesaya 40:31

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose