Berdoa dan Bekerja

Berdoa dan Bekerja

Berdoa dan Bekerja

Kita pasti pernah mendengar motto ora et labora, yang berarti:  berdoa dan bekerja.  Artinya kita berdoa dengan keras dalam usaha yang kita kerjakan dengan keras juga, keduanya harus seimbang. Tidak hanya menuntut Tuhan atas sesuatu yang belum kita perjuangkan, atau berjuang keras untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan tanpa melibatkan Tuhan. Melainkan berjalan bersama Tuhan dalam mengerjakannya dan siap dengan hasil yang disediakan-Nya.

Usaha yang kita lakukan haruslah sebesar doa yang kita panjatkan, begitu juga sebaliknya. Tuhan akan membentuk hidup kita melalui setiap proses dan usaha yang kita lakukan, dan membentuk iman kita di dalam kesetiaan agar kita semakin dekat dengan-Nya dan kita benar-benar layak untuk mendapatkan apa yang kita minta tersebut.

Tuhan ingin agar kita mengerjakan semua yang mampu kita kerjakan dan kemudian kita membawanya dalam doa agar Tuhan membereskan semua hal yang tidak mampu kita kerjakan. Karena Tuhan memberi kita talenta yang berbeda-beda untuk kita kembangkan dan dipakai dengan baik. Tuhan ingin kita memakai apa yang ada pada kita untuk berusaha, mencari dan melakukan hal terbaik yang kita bisa. Lakukan bagian kita dengan sepenuh hati dan biar Tuhan yang akan memutuskan bagaimana hasilnya. Jangan lelah untuk berdoa dan untuk berusaha dengan keras sampai rencana indah Tuhan nyata di dalam hidup kita.

Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan.

Amsal 28:19

Tags: , , ,

You might also likeclose