Bekerja sebagai Kesatuan

Bekerja sebagai Kesatuan

Bekerja sebagai Kesatuan

Dalam melakukan perjalanan kumpulan burung sering terbang dengan formasi berbentuk huruf ā€œVā€. Dalam formasi ini burung terdepan bertugas membelah hambatan udara sehingga burung di belakangnya lebih mudah untuk terbang. Aliran angin yang berhembus dari kepakan sayap burung yang berada di depan akan membantu burung-burung yang berada di belakangnya, sehingga tidak harus terbang sebegitu kerasnya. Apabila burung terdepan lelah maka burung di belakangnya akan menggantikan posisinya secara bergiliran. Dalam formasi tersebut mereka mendapat keuntungan dari daya dukung yang diberikan kelompoknya. Sehingga mereka dapat menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan jika terbang sendiri-sendiri.

Manusia adalah makhluk sosial yang penuh keterbatasan, sehingga kehadiran orang lain sangat dibutuhkan untuk bekerja bersama dalam kesatuan. Melalui kerja sama yang efektif kita akan memperoleh lebih banyak informasi, ide, dan membantu kita berpikir semakin terbuka dengan hal baru. Membangun relasi yang positif juga akan membantu kita dalam kehidupan sehari-hari terlebih menghadapi hari-hari yang berat, karena kita akan bahu-membahu dan saling menguatkan.

Saling tolong menolong dan bekerja sama menunjukkan sikap yang sesuai dengan hukum Kristus. Kita adalah satu tubuh di dalam Kristus dan pekerjaan yang kita bangun dalam kehidupan sehari-hari harus berlandaskan kasih-Nya. “Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik” (Ibrani 10:24). Masing-masing kita memiliki talenta yang berbeda-beda untuk saling berbagi, melengkapi, dan menghargai. Karena itu Allah menginginkan kita untuk semakin berkembang melalui kerja sama dengan menghadirkan kasih Allah di dalam dunia.

Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Galatia 6:2

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose